Jumat, 20 Maret 2009

TV SHARP WONDER PROTEC?





Selamat Malam ! Bapak kalau boleh tahu tv Sharp Wonder Mono TYPE / Model Berapa ? Klu untuk generasi Wonder pertama seperti 20W25 Atau dua digit kebelakang tanpa ada huruf lain Check Data Memory Map / Data Epromnya sesuai atau tidak dengan perintah data yang diperlukan sebab ini berpengaruh besar untuk kerja Horizontal Block. Ingat Pak Untuk TV SHARP Wonder semua block dipasang protect, jadi kerusakan sepele saja bisa Protect atau mati. Yang saya ingin tahu Protect TV Led indikatornya kedip apa tidak ? Klu keadaan protect Kedip di led indikator cek data memory sesuaikan dengan factory data dan cek jalur SDA / SCL tegangan jangan kurang dari 3 Volt. Klu Indikator Led Protect keadaan tanpa kedip kerusakan ada di hardwarenya. Catatan VCC yang diperlukan Setiap block TV harus ada dan sesuai kebutuhan VCC masing masing block. Tidak ada tegangan / VCC kurang atau lebih atau Terlalu besar VCC bisa menyebabkan mati standby atau protect, Ingat SHARP memekai kode IC Program dengan Type Contoh IX3368CEN7 (angka atau huruf dibelakang tulisan CEN harus diketahui pasti) untuk CEN0 Sampai CEN5 data EVG di eprom harus disesuaikan dengan Block Video. Bapak buka Protect Central Di IC Program setelah Resistor 100 ohm atau jamp Protect setelah 100 ohm Di buka aja nanti ketahuan kerusakan Aslinya. Thank's

froms Ganics@plasa.com, Technician SHARP Authorized Station Groups E-mail ; mitra_elk@yahoo.co.id
Referensi Info : SHARP SERVICE CENTER

alo...salam kenal....saudara menanyakan kerusakanya belum detail, jd kami bingung apa yg harus kami jawab.sebagai acuan perbaikan saja, untuk jenis tv" sharp yg anda maksud biasanya kerusakan ada pada IC EPROM :24C04 jd IC yg anda maksud 24C0H itu gak ada mas,coba anda kembalikan IC aslinya TDA 9381PSN1....no yg ada di bawahnya "CEN".......jgn salah!, dan silahkan ganti dulu EPROM dan setting ulang data" nya,selamat mencoba & semoga dapat membantu......

materi referensi:

pengalaman sehari hari sebagai technisi electronic khususnya perbaikan TV, dan kami melayani perbaikan segala macam merk TV dengan sangat cepat .*CV GLOBAL ELECTRONIC SERVICE * AOTHORIZED SERVICE RESMI LG area sangata -kutim - kaltim,hp:085250587958
  • 20 jam lalu


Setuju dengan jawaban pak roni.jadi nomor ic program sharp bukan yang tda 9381 nya tapi dibagian bawah yang ada hurupnya di awali ix biasanya ix3368cenx untuk mono ,sedangkan ix3410 atau 3412 untuk stereo.
Apabila menghadapi tv sharp yg protec ,sebaiknya rangkaian protec nya di non aktipkan dulu ,dengan cara melepas jumper 223 lokasi nya dekat ic program kaki 64.kalau ternyata tv nya bisa nyala normal berarti ada gangguan di rangkaian protek .tinggal di telusuri jalur protec di cari yg menyebabkan rangkaian protecnya drop.tapi kalau tv nya jadi mati lagi berarti ada kerusakan di tegangan B+ 115v ,atau tegangan +8v untuk menyuplai ic tda9381 nya drop.jangan lupa kalau sudah selesai jumper yg tadi dilepas harap di pasang kembali.
Semoga berhasil
  • 16 jam lalu

9 komentar:

  1. selamat siang pak,
    saya bowo lagi searching cara benerin tv dirumah mau tanya neh pak tentang sharp wonder.
    tv saya sharp wonder 21" baru saja di servis masalahnya banyak program yang tidak bisa dibuka, warnanya kemerah-merahan dan gambar sepertinya kebesaran (kalo mau lihat teks berita berjalan / translate film barat tidak terlihat). setelah diservis hanya warnanya saja yang sudah diperbaiki untuk program dan settingan layar belum karena kata serivisnya itu ada kodenya. setelah saya cari tau sekarang sudah bisa buka protectnya program (kalo ngga salah istilahnya hotelmode) tetapi untuk layar yang kebesaran itu belum
    mungkin bapak bisa membantu (kata tukang servisnya sih itu ada kodenya) kalo di tv jaman dulu kan bisa setting manual tampilan dikecilin/besarin atau geser atas, bawah, kanan, kiri nah sekarang itu gimana ya saya sih sudah pernah ganti elco verticalnya tapi nggak ngaruh
    terima kasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  2. SELAMAT MALAM.,mu nanya gimana caranya buka factory buat tv sharp wonder.terima kasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  3. Salam kenal Om Leo....Saya sylox dari Bojonegoro JATIM......Saya ada TV SHARP WONDER 21" mengalami kerusakan sbb:TV bisa Start dg Normal yaitu Led merah barubah jadi hijau dan suara keluar dg normal,tetapi gambar tidak mau keluar alias gelap.Gambar akan keluar jika Screen Flyback diperbesar/TV dimatikan sebentar lalu dihidupkan kembali.Saya sudah coba ganti Flyback,Soket CRT,semua Elco tegangan tinggi namun tetap saja hasilnya NIHIL.....Mohon solusinya bagaimana?Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  4. Salam kenal pak leo,saya Djo dari jogja.Saya mempunyai mslah tentang Tv Sharp model 51V200 ,saat Tv start LeD merah nyala kemudian beberapa detik kemudian menjadi hijau terus Led menjadi Merah Lagi,apa Tv saya ini mengalami Protec.Saya sudah mencoba untuk menelusuri kerusakanya tpi gak ketemu2.Tv ini menggunakan Ic ixA 319w Dan Ic M6126,,Mohon solusinya bagaimana? Sebelumnya saya Ucapkan Terima kasih.

    BalasHapus
  5. slm knal,,, komntar ak cukup sulit juga mendetcsi kerusakan pd tv sharp ,tapi juga ada yg mudah

    BalasHapus
  6. terimakasih Pak Saya sahid dari Batola Kalimantan selatan Servics. saya mau tanya dirumah saya menghadapi tv yang kerusakannya nyala sebentar kemudian mati setelah di on hidup kemudian mati lagi begitulah seterusnya tolong jelaskan kirakira dimana tempat kerusakannya.

    BalasHapus
  7. salam kenal pak saya mat dari sby saya mau nanya tv sharp wonder 21', di nyalakan nyala led merah trus hijau gambar normal selang beberapa detik mati trus led kembali merah lagi.dan tegangan gak ada smua kecuali yang 400 volt.kaya ter protect.
    apa ya..??? tolong donk penjelesannya.apa yang harus aku lakukan,suwun

    BalasHapus
  8. salam kenal pak.saya ao dari purbalingga. mohon pencerahan..tv sharp wonder 14 inc.pertama di hidupkan led merah,trus hijo begitu layar tampil sekitar 5 detik led merah berkedip trus..apa penyebab protek tsb..matur suwun..

    BalasHapus
  9. met mlm om ... sy jg lg belajar nyervis nih. sekarang sy dpt servisan tv sharp alexander dengan ic "ixc844wjzzq"
    tvnya mati protek, B+ bagus tp di kaki nomor 2 ic "KA78R05" tidak ada tegangan
    terus saya mohon bantuannya langkah langkah selanjutny

    BalasHapus